INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SELESAI DALAM GENGGAMAN (SALAMAN) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG

Ansori, Dea Nisha Nurul Zahra (2024) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SELESAI DALAM GENGGAMAN (SALAMAN) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Inovasi merupakan hal penting yang wajib dilakukan oleh setiap daerah, karena dengan adanya suatu inovasi akan mampu untuk memenuhi kebutuhan publik yang semakin kompleks. Inovasi pelayanan publik memang perlu dilakukan untuk mengubah cara lama menjadi lebih baik lagi agar permasalahan yang sering terjadi bisa diatasi untuk menghadapi sesuatu yang baru memerlukan adaptasi. hal yang sangat diperlukan oleh seluruh masyarakat yaitu pelayanan administrasi kependudukan, dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan pelayanan akta kelahiran, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung membuat sebuah inovasi pelayanan melalui aplikasi yang bernama Selesai Dalam Genggaman (SALAMAN). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Melalui Teknik pengumpulan data yaitu studi Pustaka, observasi lapangan dan wawancara dengan narasumber terkait. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam melaksanakan pemeriksaan keabsahan data ini melalui Teknik triangulasi. Berdasrkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti ditinjau dari teori Inovasi yang dikemukakan oleh Rogers dalam Ladiatno (2013:9) Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compability (Kesesuaian), Complexcity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan Dicoba), dan Observability (Kemudahan Diamati). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan inovasi pelayanan akta kelahiran melalui aplikasi SALAMAN telah berjalan cukup baik namun belum dapat terlaksanakan secara maksimal karena terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaannya, diantaranya yaitu kurangnya sosialisasi kepada masyarakat dan pengelolaan server aplikasi yang harus ditingkatkan. Kata Kunci : Inovasi, Selesai Dalam Genggaman (SALAMAN), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:17
Last Modified: 17 Sep 2024 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70173

Actions (login required)

View Item View Item