ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM ( STUDI PADA USAHA MIKRO BOUQUET BUNGA MAFLORIST JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG)

Yulianti, Rina Dwi (2024) ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM ( STUDI PADA USAHA MIKRO BOUQUET BUNGA MAFLORIST JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak .pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan .pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab - 1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab - 2.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis di era digital semakin kompleks dan dinamis. Salah satu perusahaan yang menghadapi tantangan ini adalah Maflorist Bouquet, sebuah usaha yang berfokus pada bouquet bunga, yang berusaha maksimal dalam menerapkan strategi pemasaran guna untuk mencapai target penjualan yang direncanakan . Oleh karena itu, diperlukan penerapan strategi pemasaran yang tepat guna mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternative penerapan strategi pemasaran bagi usaha bouquet bunga, dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan, serta analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan strategi pemasaran pada Maflorist Bouquet melalui analisis SWOT, sebagai berikut : identifikasi faktor internal dengan menganalisis 4p (Product),(Price),(Place),dan (promotion), sedangkan faktor eksternal dengan menganalisis Porter’s five forces (persaingan antar usaha sejenis), (Ancaman pendatang baru), (Produk pengganti),(Daya tawar pemasok),dan (Daya tawar pembeli). Hasil analisis faktor internal dan faktor eksternal menunjukan kekuatan, kelemahan , peluang dan ancaman. Analisis Matriks SWOT menghasilkan strategi W-O yang dapat merancang rencana tindakan Maflorist Bouquet berfokus pada pemanfaatan peluang dan mengatasi kelemahan dengan meningkatkan media promosi guna memperluas pemasaran, membuka usaha cabang baru, dan memperluas jaringan supplier dalam mencari bahan bahan yang berkualitas. Adapun kendala yang di hadapi Maflorist bouquet dapat di identifikasi melalui faktor eksternal antara lain kurangnya pemanfaatan media sosial dalam promosi, keterbatasannya modal, dan lokasi yang belum strategis. Namun , upaya yang dilakukan Maflorist bouquet mampu mengatasi tantangan ini dengan membangun alternative strategi untuk penerapan strategi pemasaran. Saran yang bisa peneliti berikan bahwa Maflorist Bouquet diharapkan dapat memanfaatkan dan memperluas penggunaan media sosial dalam melakukan promosi penjualan. Dengan demikian, brand Maflorist Bouquet lebih dikenal oleh banyak orang, dan dapat meningkatkan penjualan sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci: Bouquet Bunga, Analisis Penerapan, Strategi Pemasaran, Usaha mikro.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 14 Sep 2024 06:09
Last Modified: 14 Sep 2024 06:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70125

Actions (login required)

View Item View Item