RAFIYANA ROBBY SUKMA, 205030004 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MEDIA THINGLINK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS KARYA ILMIAH BERORIENTASI PADA STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya keterampilan menulis teks karya ilmiah pada peserta didik kelas XI. Hal tersebut disebabkan karena kurang tepatnya pemilihan model dan media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks karya ilmiah dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Thinglink; 2) kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Thinglink; 3) Perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks karya ilmiah pada kelas ekperimen dan kontrol; 4) Keefektifan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Thinglink. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan desain Quasi Eksperimental Design dengan bentuk None-quivalent Control Group Design dengan teknik pengumpulan data test berupa pretest dan postest sedangkan non test berupa telaah pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan peserta didik kelas XI di SMA Negeri 12 Bandung sebagai subjek penelitian, penulis menggunakan kelas XI.4 sebagai kelas Eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Thinglink dan kelas XI.5 sebagai kelas Kontrol tanpa perlakuan yang menggunakan model pembelajaran Coperative Learning berbantuan media Powerpoint. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas Eksperimen yang diberikan perlakuan mengalami peningkatan hasil belajar dengan rata-rata nilai pretest sebesar 64.83 menjadi 96.00 pada nilai postest dengan keefektifan sebesar 86% sedangkan pada kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan pada nilai pretest mendapat rata-rata sebesar 58.50 menjadi 79.17 pada rata-rata nilai postest dengan tingkat keefektifan sebesar 52%. Berdasarkan pemaparan diatas dapat dismpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Thinglink terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis teks karya ilmiah pada peserta didik. Kata Kunci : Menulis, Karya Ilmiah, Learning Cycle 7E, Thinglink.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 08:06 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 08:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70106 |
Actions (login required)
View Item |