PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 3 KELAS X DALAM PEMBELAJARAN TEKS HIKAYAT BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL DI SMA NASIONAL BANDUNG

RIADI D.SIDIK, 205030057 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 3 KELAS X DALAM PEMBELAJARAN TEKS HIKAYAT BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL DI SMA NASIONAL BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (1).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 (1).pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
BAB 3 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB 4 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB 5 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman peserta didik terhadap bahan ajar yang telah diberikan. Bahan ajar sulit dipahami dikarenakan setiap kata atau kalimat terlalu kompleks, yang menyebabkan peserta didik kurang paham terhadap bahan ajar yang dipelajari. Dengan demikian, adanya pengembangan bahan ajar menggunakan indeks kepadatan leksikal oleh peneliti diharapkan mampu meningkatan pemahaman peserta didik terhadap bahan ajar yang diberikan. Kepadatan leksikal (lexical density) adalah suatu konsep merujuk pada seberapa banyak kata dalam sebuah teks, yang digunakan untuk menganalisis sebuah teks. Dalam menganalisis teks, konsep ini memiliki peran penting karena dapat memberikan informasi tentang kompleksitas dan efektivitas dalam sebuah teks. Dalam penelitian ini juga, peneliti menggunakan metode R&D(Research and Development) yaitu merupakan metode yang memiliki kegiatan mengembangkan produk baru atau meningkatkan produk yang sudah ada sebelumnya. R&D berasal dari kata research yang berarti penelitian sedangkan development yaitu pengembangan. Setelah melakukan pengembangan bahan ajar dengan menurunkan indeks kepadatan leksikal dengan menggunakan inmetode R&D hasil penelitian menunjukan bahwa metode R&D memiliki pengaruh terhadap pemahaman peserta didik terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan. Peningkatan pemahaman peserta didik dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest yang disebarkan. Dari keseluruhan 22 siswa, yang mendapatkan nilai paling besar diatas rata-rata yaitu 90 hanya 2 orang (9%), nilai 70 sebanyak 6 orang (27%), Nilai 60 sebanyak 8 orang (36%), nilai 50 sebanyak 2 orang (9%), nilai 40 sebanyak 1 orang (4%), nilai 30 sebanyak 1 orang (4%), nilai 20 sebanyak 1 orang (4%), dan nilai terkecil yaitu 10 sebanyak 1 orang(4%). Sedangkan setelah peserta didik diberikan bahan ajar yang sudah dikembangkan, mayoritas peserta didik paham terhadap bahan ajar tersebut dan terbukti adanya peningkatan dalam kegiatan posttest. Dari 22 peserta didik yang mendapatkan nilai 100 cukup banyak yaitu sebanyak 15 orang (68%), nilai 90 sebanyak 1 orang (4%), dan nilai 80 iv sebanyak 6 orang (27%). Dapat disimpulkam bahwa pengembangan bahan ajar menggunakan indeks kepadatan leksikal dan menggunakan metode R&D memiliki pengaruh terhadap pemahaman peserta didik. Kata Kunci : Indeks Kepadatan Leksikal, Research and Development, Bahan Ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:01
Last Modified: 13 Sep 2024 08:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70105

Actions (login required)

View Item View Item