IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KISANAK (KARTU IDENTITAS ANAK KERJASAMA SEKOLAH ANAK) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG

Rahmawati, Siti (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KISANAK (KARTU IDENTITAS ANAK KERJASAMA SEKOLAH ANAK) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover-Siti Rahmawati-202010117.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan-Siti Rahmawati-202010117.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi- Siti Rahmawati-202010117.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak- Siti Rahmawati-202010117.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar-Siti Rahmawati-202010117.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka-Siti Rahmawati-202010117.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1- Siti Rahmawati-202010117.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2-Siti Rahmawati-202010117.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Publik membutuhkan layanan yang baik dan berhak memperoleh pelayanan berkualitas dari pemerintah terkait administrasi kependudukan.Kartu Identitas Anak (KIA) adalah program nasional yang diimplementasikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di tingkat kabupaten/kota di Indonesia. Tujuannya adalah untuk memberikan identitas kependudukan kepada anak-anak sebagai langkah untuk melindungi dan memenuhi hak konstitusional. Untuk meningkatkan kepemilikan KIA, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung meluncurkan sebuah inovasi pelayanan yaitu Kartu Identitas Anak Kerjasama Sekolah Anak (Kisanak). Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan antusiasme masyarakat dalam memperoleh Kartu Identitas Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan kisanak dalam pembuatan kartu identitas anak dengan kerjasama sekolah dalam meningkatkan kepemilikannya. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kebijakan kisanak dalam pembuatan kartu identitas anak dengan kerjasama sekolah belum sepenuhnya optimal karena masih terdapat hambatan yang disebabkan oleh kurangnya sumber daya manusia dalam pelaksanaan kisanak, lalu terkait pencapaian implementasi kebijakan dari kisanak belum optimal yang dimana setiap bulan target nasional meningkat 1% namun untuk bulan Juni-Mei 2024 baru naik 2% dimana seharusnya sudah meningkat menjadi 6%, kemudian dalam proses pembuatannya membutukan waktu yang cukup lama. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Kartu Identitas Anak Kerjasama Sekolah Anak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:52
Last Modified: 13 Sep 2024 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70047

Actions (login required)

View Item View Item