PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN MATHCITYMAP (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar SDN Magung 01)

Khaerunnisa Sofia, 205060030 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN MATHCITYMAP (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar SDN Magung 01). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah metematis merupakan bagian internal dalam pembelajaran matematika, dimana kemampuan ini dapat melatih siswa agar terbiasa menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Kenyatannya, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia masih rendah dilihat dari hasil Programmer for International Assessment (PISA) tahun 2022 Indonesia menduduki peringkat 68 dari 78 negara dengan skor matemtika 359. Indonesia berada di peringkat bawah rata-rata skor PISA negara - negara OECD (OECD, 2022). Nilai yang dicapai jauh di bawah rata - rata internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan aplikasi MathCityMap dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 01 Magung dengan materi diagram batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pencapaian yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME berbantuan MathCityMap, sebagaimana dibuktikan oleh hasil uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak. Selain itu, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan RME berbantuan MathCityMap juga diukur menggunakan uji N-Gain. Hasil uji N-Gain menunjukkan nilai sebesar 0,78, yang masuk dalam kategori tinggi. Ini mengindikasikan bahwa pembelajaran menggunakan RME berbantuan MathCityMap tidak hanya efektif, tetapi juga sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan RME berbantuan MathCityMap dalam pembelajaran matematika di SDN 01 Magung secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Realistic Mathematics Education (RME), Mathcitymap.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:51
Last Modified: 13 Sep 2024 02:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70045

Actions (login required)

View Item View Item