ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG

PERMANA, KIRANA PUTRI,205040068 (2024) ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN (2).pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK, ABSTRACT, DAN RINGKESAN.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (823kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Menghadapi abad-21 yang penuh tantangan, tentunya Pendidikan juga diperlukan untuk membangun dan meningkatkan mutu sumber daya. Pendidikan harus terencana dan sistematis, sehingga untuk mencapai hal tersebut tentunya guru bertanggungjawab dalam proses belajar mengajar agar dapat mencapai hasil belajar peserta didik yang sesuai dengan harapan. Keberhasilan suatu proses pembelajaran dilihat dari pemahaman peserta didik dan penguasaan materi yang disampaikan oleh guru. Penyampaian materi memerlukan adanya media ajar sebagai alat menyampaikan ilmu yang tentunya tidak hanya menyampaikan suatu konten materi saja namun sebaiknya memperkenalkan konteks kearifan lokal dalam upaya menjaga eksistensi di tengah perkembangan teknologi. Salah satu media yang digunakan yaitu aplikasi ethno-edugames sangkuriang. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi aplikasi ethno-edugames sangkuriang dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain preeksperimental dan bentuk one group pre-test and post-test. Sampel penelitian sebanyak 28 peserta didik dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa diberikannya soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen setelah diberikannya perlakuan, memperoleh rata-rata pre-test sebesar 60,14 dan post-test 82,93 dengan n-gain sebesar 0,58 dalam kategori sedang, dan berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar <,001 atau kurang dari 0,001 berarti sig. < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi ethno-edugames sangkuriang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas X di SMA Pasundan 8 Bandung. Kata Kunci: aplikasi ethno-edugames sangkuriang, hasil belajar peserta didik, teknologi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:36
Last Modified: 09 Sep 2024 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69847

Actions (login required)

View Item View Item