PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI AL-ISLAM MAJALAYA

Rifky, Fadly,205060123 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI AL-ISLAM MAJALAYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstark.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum terlaksananya cita-cita pendidikan nasional serta konsep pendidikan ideal menurut ahli. Hal tersebut dapat dibuktikan dari keadaan langsung di lapangan di mana hasil belajar matematika peserta didik cenderung rendah. Metode pembelajaran konvensional atau sistem pembelajaran yang masih terpusat pada guru dapat memberi dampak kepada peserta didik menjadi penerima informasi yang pasif, yang menurunkan kapasitas mereka untuk menggali lebih dalam materi yang diajarkan. Kurangnya kesempatan yang diberikan kepada peserta didik untuk mengontruksi pengetahuannya sendiri mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh antara kelas konvensional (kelas kontrol) dengan kelas yang diberikan perlakuan penggunaan model problem based learning berbantuan canva (kelas eksperimen) terhadap hasil belajar mata Pelajaran matematika peserta didik kelas IV. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian tipe Quasi Eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik observasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika di kelas eksperimen, hal ini bisa dilihat dari uji N Gain dengan nilai rata-rata sebesar 61,35% maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya penggunaan model PBL berbantuan canva cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Terdapat pengaruh setelah menggunakan perlakuan terhadap hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji Independent Sample T Test dengan nilai siginifikansi 0,025 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil pretest dan posttest di kelas eksperimen. Selain itu, terdapat pengaruh yang besar juga antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji effect size yang menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan perlakuan memiliki pengaruh sebesar 0.785 yang artinya pengaruh model PBL berbantuan canva terhadap hasil belajar matematika besar. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh setelah menggunakan model PBL berbantuan canva terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Canva

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:52
Last Modified: 05 Sep 2024 06:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69778

Actions (login required)

View Item View Item