KONSEP DIRI KORBAN BULLYING DENGAN PENAMPILAN PERAN SOSIAL DI SMPN 9 SUMEDANG

Haryanto, Mohammad Syahreza Putra (2024) KONSEP DIRI KORBAN BULLYING DENGAN PENAMPILAN PERAN SOSIAL DI SMPN 9 SUMEDANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (en).pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (id).pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Bullying merupakan tindakan yang dilakukan oleh secara sadar maupun di sengaja oleh seseorang, dengan tujuan untuk menyakiti atau meneror kaum yang dianggap lemah oleh dirinya. Tindakan bullying ini sering dilakukan oleh remaja khususnya remaja di SMPN 9 Sumedang, dengan motif balas dendam, meneror kaum yang dianggap lemah dan tidak ada perlawanan, serta melampiaskan kekesalan pelaku akibat orang tuanya. Berdasarkan hasil penelitian sebanyak 10% baik pelaku ataupun korban yang menjadi tindak bullying di sekolah tersebut. Konsep diri korban bullying dengan penampilan peran sosial di SMPN 9 Sumedang ini sangat cukup signifikan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi peran sosial mereka yakni; bagi korban bullying; kurangnya kebijakan yang kuat yang dapat melindungi korban, kurangnya dukungan sosial dari pihak manapun. Sedangkan bagi pelaku bullying mereka dipengaruhi oleh media (seperti sering menonton film yang mengandung unsur bullying), faktor lingkungan, tidak adanya edukasi dari orang tua. Metode penelitian yang tujuan untuk menggambarkan bagaimana Konsep Korban Bullying dengan Penampilan Peran Sosial di SMPN 9 Sumedang, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan terdapat 2 informan yaitu informan kunci; Siswi remaja SMPN 9 Sumedang yang menjadi korban bullying, serta informan tambahan; Guru kesiswaan dan guru bk. Berdasarkan hasil penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yakni; wawancara, observasi, studi dokumen. Kata Kunci : Bullying, Peran Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 05 Sep 2024 05:29
Last Modified: 05 Sep 2024 05:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69774

Actions (login required)

View Item View Item