PENERAPAN MULTIPLE REPRESENTASI MIKROSKOPIK BERBANTUAN SMART APPS CREATOR PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

PUTRI ERGA FARISMA, 205040027 (2024) PENERAPAN MULTIPLE REPRESENTASI MIKROSKOPIK BERBANTUAN SMART APPS CREATOR PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kolaborasi antara pendidik dan peserta didik untuk meraih target belajar yang telah ditentukan. Hal ini menuntut strategi pembelajaran yang matang dari pendidik agar tercapainya proses belajar yang efektif dan efisien bagi peserta didik. Materi IPA, khususnya Biologi, menjadi tantangan tersendiri yang perlu dihadapi pendidik. Pada pembelajaran materi jaringan tumbuhan yang bersifat abstrak menggunakan representasi mikroskopik dimana penggunaan multiple representasi mikroskopik dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep-konsep sains yang kompleks dan abstrak. Selain itu, berkembangnya teknologi telah membuka peluang baru bagi pendidik untuk mengembangkan kreativitasnya dalam pembelajaran. Salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk mendukung kreativitas pendidik adalah software smart apps creator. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai efek penerapan multiple representasi mikroskopik sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi jaringan tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental berbentuk one-group pre-testpost-test yang melibatkan 23 peserta didik di kelas XI MIPA 2 di SMA Pasundan 4 Bandung. Sampel ini diambil melalui teknik Purposive Sampling berdasarkan beberapa pertimbangan. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukan terdapat nilai rata-rata pre-test 33.04 dan nilai rata post-test 71.04 serta nilai N-Gain sebesar 0.57 kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis uji t-test diperoleh hasil sig. 2-tailed <0,000 < 0,05 maka hipotesis penelitian Ha diterima yang berarti terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah dilakukan penerapan multiple representasi berbantuan smart apps creator. Hal ini menunjukan bahwa melalui penerapan multiple representasi berbantuan smart apps creator dapat membanu meningkatnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik Kata Kunci: Multiple Representasi Mikroskopik, Berpikir Kreatif, Smart Apps Creator

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:20
Last Modified: 02 Sep 2024 07:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69689

Actions (login required)

View Item View Item