Utami Dini Naila, 205010012 (2024) PERAN ETIKA DIGITAL DALAM MENANGGULANGI UJARAN KEBENCIAN PADA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OLEH GENERASI- Z (Studi Kasus di SMA PGII 2 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER DEPAN.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KERANGKA TEORI.pdf Download (833kB) | Preview |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
Text
BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
|
Text
Artikel Dini Naila Utami.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
Pengguna media sosial instagram di Indonesia mencapai lebih dari 104,8 juta pengguna dan mayoritas pengguna nya adalah anak muda. Hal ini menjadi sebuah masalah karena media sosial ini digunakan untuk menyebar konten negatif yang tidak memperhatikan etika dan moral dalam bermedia sosial sehingga hal ini perlu mendapatkan perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada Generasi-Z agar memiliki kesadaran akan pentingnya etika digital di media sosial, dan dapat meningkatkan kesadaran dalam berinteraksi di media sosial dengan bijak, serta dapat menganalisis dampak negatif dalam penggunaan pada media sosial di instagram. Pendekatan penelitian ini menggunankan pendeketan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang dilakukan di SMA PGII 2 Kota Bandung. Menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan narasumber kepala sekolah, guru PKN, guru BK, dan perwakilan peserta didik dari kelas 10 dan 11. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) etika digital sudah dipahami oleh peserta didik yang ada di lingkungan sekolah SMA PGII 2 Bandung, etika digital yang mereka ketahui yaitu seperti tidak berkata kasar, memberikan komentar yang bersifat SARA, tidak menghasut orang lain untuk membenci kepada seseorang, menghina fisik seseorang, berita bohong (hoax), dan juga adanya pelecehan verbal. (2) Tindakan yang dilakukan dalam menyikapi perilaku netizen di instagram dengan memberikan pemahaman mengenai etika digital kepada orang yang melanggar (3) Strategi yang dilakukan dengan mengadakan seminar terkait etika dalam bermedia sosial. Kata Kunci: Etika Digital, Generasi-Z, Instagram
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 01:27 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 01:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69666 |
Actions (login required)
View Item |