PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA APLIKASI PLOTAGON STORY DALAM PEMBELAJARAN MENGKREASI CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMAN 22 BANDUNG

MAULIANA AMANTA FIDELLA, 205030055 (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA APLIKASI PLOTAGON STORY DALAM PEMBELAJARAN MENGKREASI CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMAN 22 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran pendidik dalam memilih model dan media pembelajaran yang tepat. Penggunaan model dan media pembelajaran yang baik dapat meningkatkan dalam hasil belajar peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Project Based Learning (PjBL) dan media aplikasi Plotagon Story. Berkaitan dengan penjelesan tersebut, permasalahan yang peneliti rumuskan adalah (1) Bagaimana kemampuan peneliti dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media aplikasi Plotagon Story dalam pembelajaran mengkreasi cerpen pada peserta didik kelas XI SMAN 22 Bandung? (2) Apakah penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media aplikasi Plotagon Story dapat efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen berorientasi pada kemampuan mengkreasi peserta didik kelas XI SMAN 22 Bandung? dan (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar setelah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media aplikasi Plotagon Story terhadap kemampuan menulis cerpen berorientasi pada kemampuan mengkreasi peserta didik kelas XI SMAN 22 Bandung? Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Adapun hasil penelitiannya yaitu nilai rata-rata hasil perencanaan pembelajaran kelas eksperimen 3,03 dan kelas kontrol 2,96; nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran kelas eksperimen 3,68 dan kelas kontrol 3,45; nilai ratarata pretest kelas eksperimen 61,33 dan kelas kontrol 57,66; dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 79,83 dan kelas kontrol 67,16. Hasil perhitungan statistik non-parametrik menunjukkan hasil Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengkreasi cerpen menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Plotagon Story pada siswa kelas XI SMAN 22 Bandung, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: cerpen, mengkreasi cerpen, plotagon story, project based learning, pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:28
Last Modified: 29 Aug 2024 06:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69636

Actions (login required)

View Item View Item