PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 5 KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL DI SMA NASIONAL BANDUNG

Putri Nabila Fitriani Agriana, 205030066 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 5 KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL DI SMA NASIONAL BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (254kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kepadatan leksikal adalah istilah yang digunakan untuk menganalisis tingkat kekayaan kata dalam suatu teks. Kepadatan leksikal dapat diukur dengan berbagai cara. Bahan ajar merupakan materi lengkap dan tersusun secara sistematis yang digunakan untuk pembelajaran. Teks drama adalah sebuah tulisan (naskah) yang dibuat untuk dipentaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mendeskripsikan indeks kepadatan leksikal serta untuk menunjukkan dan memaparkan pemahaman peserta didik pada bahan ajar Bahasa Indonesia kelas XI khususnya bab 5 yaitu teks drama baik sebelum dikembangkan maupun sesudah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode R&D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kepadatan leksikal pada bahan ajar Bahasa Indonesia kelas XI bab 5 khususnya teks drama sangat tinggi yaitu sebesar 7,8. Sedangkan indeks kepadatan leksikal pada bahan ajar Bahasa Indonesia kelas XI bab 5 khususnya teks drama yang sudah dikembangkan mengalami penurunan sebesar 6,6 yang dikategorikan menjadi sedang. Setelah adanya hasil dari indeks kepadatan leksikal pada bahan ajar tersebut, peserta didik cenderung lebih memahami bahan ajar yang telah dikembangkan dibandingkan dengan bahan ajar yang belum dikembangkan. Hal ini diperkuat dengan adanya nilai pretest rata-rata sebesar 54% dan nilai posttest sebesar 80% yang menunjukkan adanya kenaikkan sebesar 26% dan juga diperkuat oleh hasil angket yang menunjukkan 43% peserta didik memahami bahan ajar yang belum dikembangkan dan yang tidak memahami sebesar 57%. Dapat disimpulkan peserta didik lebih memahami bahan ajar yang sudah dikembangkan serta dengan adanya pengembangan bahan ajar berdasarkan indeks kepadatan leksikal dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : kepadatan leksikal, bahan ajar, teks drama

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:23
Last Modified: 29 Aug 2024 06:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69634

Actions (login required)

View Item View Item