Fauziah, Hijrianti,205060107 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPETALKINGSTICK BERBANTUAN MEDIA APLIKASI SPINNING WHEELUNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTADIDIKDI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V SDN Bugel 01 Ciparay. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (771kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaanmodel kooperatif tipe talking stick berbantuan media aplikasi spinning wheel untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas Vdi SDNBugel 01 Ciparay Tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu Quasi eksperimendengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi padapenelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN Bugel 01 Ciparay. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas V-A sebanyak 30 peserta didik sebagai kelaseksperimen dan kelas V-B sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengambilan data diperoleh dengan rubrik penialain keterampilan berbicara yangtelah divalidasi menggunakan pendapat ahli (judgment expert). Oleh karena itudata pada penelitian ini dapat dilihat dari uji hipotesis pada Sig (2-tailed) sebesar 0,000 yaitu kurang dari 0,05 dan pada uji gain kelas eksperimen memiliki peningkatan 70% sedangkan pada kelas kontrol hanya 60%. Dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kontrol, kelaseksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 45,61 Pada kelas kontrol 44,28, selainitu juga dapat dilihat dari hasil nilai data postest pada kelas eksperimen nilai ratarata postest sebesar 84,03 sedangkan pada nilai postest kelas kontrol sebesar 78,15. Berdaparka pada uji ef ect size untuk menghitung seberapa pengaruh keterampilanberbicara pada kelas eksperimen yaitu sangat berpengaruh hasil data ef ect sizeyang diolah yaitu sebesar 1, 00. Oleh karena itu peneliti dapat menyimpulkanbahwa untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan model kooperatif tipe talking stick berbantuan media aplikasi spinning wheel sangat berpengaruh untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas V SDNBugel 01Ciparay. Kata Kunci: keterampilan berbicara, model kooperatif tipe talking stick, spinningwheel, sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 08:38 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 08:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69629 |
Actions (login required)
View Item |