PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDPUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS CERITA RAKYAT (HIKAYAT) BERORIENTASI PADA NILAI DAN ISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG

INDRIYANI, SHILVANI,205030048 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDPUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS CERITA RAKYAT (HIKAYAT) BERORIENTASI PADA NILAI DAN ISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan menyimak peserta didik sebagai keterampilan yang paling banyak diimplementasikan dalam proses pembelajaran yang turut memengaruhi pemahaman peserta didik akan suatu materi pembelajaran, terutama dalam hal ini ialah pembelajaran menyimak teks cerita rakyat (hikayat) berorientasi pada nilai dan isi. Pemilihan model pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran turut memengaruhi hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengujicobakan penerapan model problem based learning berbantuan media edpuzzle dalam pembelajaran menyimak teks hikayat berorientasi pada nilai dan isi, dengan mendeskripsikan kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran, untuk melihat kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, untuk membandingkan apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode kuantitatif, dengan desain quasi eksperimen atau eksperimen semu. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa berdasarkan peningakatan nilai ratarata pretest dan posttest peserta didik kelas eksperimen dari 38,7 menjadi 75,19 mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan kelas kontrol dari 34,0 menjadi 55,3 belum terlihat peningkatan yang signifikan. Adapun berdasarkan uji mann whitney hasil Asymp. Sig nya ialah 0,00 < 0,05 maka terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: menyimak, teks hikayat, problem based learning, edpuzzle

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:33
Last Modified: 23 Aug 2024 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69572

Actions (login required)

View Item View Item