INDRIYANI, SHILVANI,205030048 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDPUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS CERITA RAKYAT (HIKAYAT) BERORIENTASI PADA NILAI DAN ISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (488kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan menyimak peserta didik sebagai keterampilan yang paling banyak diimplementasikan dalam proses pembelajaran yang turut memengaruhi pemahaman peserta didik akan suatu materi pembelajaran, terutama dalam hal ini ialah pembelajaran menyimak teks cerita rakyat (hikayat) berorientasi pada nilai dan isi. Pemilihan model pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran turut memengaruhi hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengujicobakan penerapan model problem based learning berbantuan media edpuzzle dalam pembelajaran menyimak teks hikayat berorientasi pada nilai dan isi, dengan mendeskripsikan kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran, untuk melihat kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, untuk membandingkan apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode kuantitatif, dengan desain quasi eksperimen atau eksperimen semu. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa berdasarkan peningakatan nilai ratarata pretest dan posttest peserta didik kelas eksperimen dari 38,7 menjadi 75,19 mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan kelas kontrol dari 34,0 menjadi 55,3 belum terlihat peningkatan yang signifikan. Adapun berdasarkan uji mann whitney hasil Asymp. Sig nya ialah 0,00 < 0,05 maka terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: menyimak, teks hikayat, problem based learning, edpuzzle
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 06:33 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 06:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69572 |
Actions (login required)
View Item |