“PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKn” ( Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Cibingbin Kab. Kuningan )

Sulistiana Dinda, 205010002 (2024) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKn” ( Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Cibingbin Kab. Kuningan ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model project citizen dalam pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar peserta didik, karena masih rendahnya hasil belajar peserta didik di sekolah yang digunakan metode quasi eksperimen. Dan dengan desain kelompok kontrol pretest-postest. Populasi dalam sejumlah peserta didik. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI. MIPA A sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas X. MIPA D eksperimen. Instrumen tes hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran PPKn menggunakan model project citizen dan angket sikap diuji coba terlebih dahulu sehingga layak untuk digunakan dalam penelitian ini. Analisis data kemampuan peserta didik terhadap pembelajaran PPKn menggunakan model project citizen menggunakan one sampel t test begitupula analisis data sikap dimana data sikap menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Adanya pengaruh penggunaan model project citizen dalam pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar peserta didik dengan sebesar 61,1 % dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional yang dilakukan oleh guru, (2) Hasil analisis skala sikap, rata-rata perhitungan skor sikap peserta didik sebesar 4,86, hal tersebut menunjukan sikap positif terhadap pembelajaran PPKn, khususnya model pembelajaran project citizen. Hal tersebut mengindikasikan penerimaan dan dukungan yang kuat dari peserta didik terhadap metode pembelajaran project citizen. Kata Kunci : Model Project Citizen, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:36
Last Modified: 22 Aug 2024 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69569

Actions (login required)

View Item View Item