PENERAPAN CONCEPT ATTAINMENT MODEL BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

RAMADHANI TARISHA RASENDRYA, 205040009 (2024) PENERAPAN CONCEPT ATTAINMENT MODEL BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover Depan.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada abad 21 ini guru biologi belum menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik salah satunya adalah concept attainment model. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, diperlukan adanya keselarasan antara model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran concept attainment model berbantuan wordwall. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi yang terlibat pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA di SMA Pasundan 4 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan concept attainment model berbantuan wordwall pada nilai sig.sebesar 0,002 > 0,05, mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil pre-test kemampuan berpikir kritis peserta didik, diperoleh rata-rata nilai untuk kelas kontrol sebesar 37,33 dan kelas eksperimen sebesar 31,83. Berdasarkan hasil post-test, diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas kontrol sebesar 42,67 dan kelas eksperimen sebesar 50,67. Peserta didik mengalami peningkatan terbesar pada indikator berpikir kritis membuat dan menilai deduksi dengan mengungkapkan informasi yang ada sebesar 50%. Selain itu, berdasarkan hasil angket respon peserta didik terhadap penerapan concept attainment model berbantuan wordwall, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Concept Attainment Model, Wordwall, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:13
Last Modified: 22 Aug 2024 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69567

Actions (login required)

View Item View Item