GEOLITA PIMPI, 205040025 (2024) MEMBANGUN KETERAMPILAN BERSIKAP KONSISTEN DALAM MENCARI INFORMASI DIGITAL PESERTA DIDIK DENGAN PEMANFAATAN ENSIKLOPEDIA ONLINE WIKIPEDIA (EOW) (Pengembangan Indikator ke-1 Digital Habits of Mind). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER PIMPI.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
7. Ringkesan.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (469kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (441kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya peserta didik bersikap konsisten dalam informasi digital pada saat pembelajaran terutama dalam hal menyelesaikan masalah dan memahami isu masalah yang diberikan. Tujuan penelitian untuk mengukur keterampilan bersikap konsisten dalam mencari informasi digital dan pencapaian hasil belajar peserta didik menyelesaikan sebuah permasalahan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen dalam bentuk Pre-Eksperimen Design. Penelitian ini melibatkan 28 peserta didik XI MIPA 3 SMAN 1 Katapang. Penelaahan terhadap sub-indikator bersikap konsisten dalam mencari informasi digital dilakukan dengan rancangan One Shot Case Study melalui pengamatan dan penskoran pada instrumen lembar pengamatan, sedangkan rancangan yang digunakan untuk menelaah penguasaan konsep peserta didik adalah One Group Pretest-Posttest Design, menggunakan instrumen berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan bersikap konsisten dalam mencari informasi digital peserta didik sebesar 76, termasuk kategori Baik. Penelaahan hasil belajar menunjukkan skor hasil pretest 39,61 dan posttest 81,18, sehingga peningkatan (Gain) rata-rata 24,11%. Dengan indeks peningkatan pengetahuan (N-gain) didominansi kategori cukup efektif (60%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pemanfaatan Ensiklopedi Online Wikipedia (EOW) efektif untuk membangun keterampilan bersikap konsisten dalam mencari informasi digital, serta meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Indra. Kata kunci: Keterampilan bersikap konsisten, Ensiklopedi Online Wikipedia (EOW), Materi Sistem Indra
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 04:00 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 04:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69557 |
Actions (login required)
View Item |