PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V UPT SDN 0607099 Medan)

TAMBA, MONIKA HELENTINA,195060153 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V UPT SDN 0607099 Medan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Quizziz Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas V UPT SDN 0607099 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V UPT SDN 0607099 Medan sebanyak 30 peserta didik. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas V A sebanyak 15 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebanyak 15 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah model pembelajaran Discovery learning. hasil dari uji tersebut pretest dan posttest kelas kontrol menghasilkan nilai signifikan (2-tail) sebesar <,001 dan untuk pretest posttest kelas eksperimen menghaislkan nilai signifikan 2-tail sebesar <,001 yang berarti hasil hitung nilai signifikansi (2-tail) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman siswa dari hasil pretest dan posttest kedua kelas tersebut. Nilai akhir rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,13 dan kelas kontrol sebesar 75,43. Pemahaman siswa yang paling baik yaitu di kelas eksperimen karena dapat dilihat dari rata-rata hasil tes siswa yang lebih besar nilainya daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji tersebut berarti selain terdapat perbedaan maka berpengaruh juga terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery learning, Pemahaman konsep matematis, aplikasi quizizz.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:29
Last Modified: 14 Aug 2024 08:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69534

Actions (login required)

View Item View Item