PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Survey pada siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

RACHMAWATI, AULYA,205020030 (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Survey pada siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa padapembelajaran ekonomi di SMA Pasundan 1 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa angket, teknik analisis data menggunakan uji normalitasdata, uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda, uji parsial, dan uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukan: (i) secara parsial motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa -9,284 dan nilai signifikansi 0,000. Sebagaimana jika nilai thitung>ttabel (- 9,284<1,985) dan signifikansinya < 0,05 (0,000<0,05), (ii) secara parsial keaktifan siswa memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa 6,536 dan nilai signifikansi 0,000. Sebagaimana jika nilai thitung>ttabel (6,536>1,985) dan signifikansinya < 0,05 (0,000<0,05), (iii) terdapat pengaruh motivasi belajar dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan tafsiran cukup kuat antara kedua variabel sebesar 58,5% dilihat dari nilai R Square sebesar 0,585. Peneliti menyampaikan saran kepada pihak terkait, Guru agar dapat memberikan masukan dalam pendekatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa, Siswa diharapkan selalu aktif dalam kegiatan pembelajaran dan selalu memperhatikan guru ketika pembelajaran berlangsung sehingga mengerti akan apa yang diajarkan, Peneliti selanjutnya mengharapkan dengan adanya penelitian ini dapat menjadi acuan untuk penelitian selanjutnya yang lebih baik. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Keaktifan Siswa, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:16
Last Modified: 09 Aug 2024 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69508

Actions (login required)

View Item View Item