LESTARI IVENA DEA, 205060183 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PhET SIMULATIONS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN IPAS (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Rahayu 01). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
9. Ringkesan.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Rahayu 01 serta masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran pada proses belajar mengajar. Pembelajaran IPAS hendaknya memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bersikap aktif dalam menemukan konsep pembelajaran. Maka dari itu digunakannya model discovery learning berbantuan media pembelajaran PhET Simulation untuk memberikan pemahaman konsep pembelajaran IPAS yang lebih baik serta efektif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran proses pembelajaran, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir peserta didik pada pelajaran IPAS menggunakan model discovery learning berbantuan PhET Simulations, dan menganalisis pengaruh model discovery learning berbantuan PhET Simulations terhadap kemampuan berpikir peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Class Design. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir kritis yang berupa essay berjumlah 10 butir soal, observasi dan dokumentasi. Tes terdiri dari pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning berbantuan PhET Simulations dengan kelas kontrol didasarkan pada hasil Uji N-Gain yang dihasilkan nilai kelas eksperimen 0,74 atau 73,66% termasuk kategori tinggi dan nilai kelas kontrol 0,36 atau 36,21% termasuk kategori sedang dan hasil uji Paired Sample TTest menghasilkan nilai yang signifikan yaitu 0,00< 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan PhET Simulations terhadap kemampuan berpikir peserta didik pada pelajaran IPAS kelas IV SDN Rahayu 01. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Discovery Learning, PhET Simulations
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 06:42 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 06:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69489 |
Actions (login required)
View Item |