PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MATH GAMES TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS I SD

PRISILIA SINDI REGINA, 205060070 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MATH GAMES TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS I SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan numerasi peserta didik di SD Negeri 128 Haurpancuh dan kebutuhan akan inovasi dalam pembelajaran. Pembelajaran modern membutuhkan pengembangan teknologi yang relevan, bukan hanya mengandalkan buku atau guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efek dari penggunaan model problem based learning berbantuan math games terhadap kemampuan numerasi peserta didik kelas I SD Negeri 128 Haurpancuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen quasi eksperimen non equivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari 29 peserta didik kelas IB (eksperimen) dan 27 peserta didik kelas IA (kontrol) di SD Negeri 128 Haurpancuh. Kelas IB menerima perlakuan berupa model problem based learning berbantuan math games, sementara kelas IA menerima pembelajaran biasa. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Mann-Whitney, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen, dengan nilai signifikansi uji Mann-Whitney sebesar 0,000 dan ukuran effect size sebesar 3,991. Kesimpulannya, terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan pembelajaran biasa dengan yang menggunakan model problem based learning berbantuan math games, serta terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampuan numerasi peserta didik setelah menggunakan model dan media interaktif tersebut. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Math Games, Kemampuan Numerasi, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:18
Last Modified: 05 Aug 2024 07:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69467

Actions (login required)

View Item View Item