PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ

NURFADHILAH TIARA ROSSA, 205050010 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN .pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning; (2) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model Problem-Based Learning; (3) Mengetahui apakah kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang menggunakan model Problem-Based Learning; (4) Mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain noneuqivalent control group design. Subjek dari penelitian ini salah satu SMA kelas X di Kabupaten Bandung sebanyak dua kelas, yaitu kelas X-H sebagai kelas kontrol dan kelas X-I sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Instrumen penelitian adalah tes uraian dan angket. Data dianalisis menggunakan SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning; (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model ProblemBased Learning; (3) Kemandirian belajar siswa yang menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning; (4) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar pada siswa. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep Matematis, ProblemBased Learning, Quizizz.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:38
Last Modified: 05 Aug 2024 03:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69465

Actions (login required)

View Item View Item