TAINI YUSLICHA SALMA, 205020031 (2024) HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DAN KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PASUNDAN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (746kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) bagaimana minat belajar peserta didik kelas X dan XI SMA Pasundan 4 Bandung. (ii) bagaimana keaktifan belajar peserta didik kelas X dan XI SMA Pasundan 4 Bandung. (iii) apakah terdapat hubungan antara minat belajar dengan keaktifan belajar peserta didik kelas X dan kelas XI mata pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 4 Bandung tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 140 responden. Metode yang diterapkan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik survey dan pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan: (i) secara deskriptif, rata-rata skor minat belajar adalah 3,975 (80%), termasuk kategori baik. (ii) Rata-rata skor keaktifan belajar adalah 4,019 (80%), termasuk kategori sangat baik. (iii) Terdapat hubungan signifikan antara minat belajar dan keaktifan belajar peserta didik dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,598, termasuk kategori sedang dan bernilai positif. Penelitian ini memberikan sejumlah saran untuk meningkatkan minat dan partisipasi belajar peserta didik SMA. (i) peserta didik diharapkan aktif mengembangkan minat belajar, berpartisipasi optimal di kelas, dan mengelola waktu dengan baik. (ii) guru sebaiknya menggunakan metode pengajaran bervariasi, meningkatkan interaksi positif, dan memberikan motivasi melalui penghargaan dan relevansi materi. (iii) sekolah perlu menciptakan lingkungan belajar kondusif dengan fasilitas memadai dan suasana belajar positif. (iv) orang tua harus membangun komunikasi terbuka, memberikan dukungan emosional, dan mendorong kemandirian peserta didik. (v) pemerintah perlu meningkatkan investasi dalam pendidikan dan mendukung program-program motivasi peserta didik. (vi) peneliti selanjutnya diharapkan mencari lebih banyak sumber dan mengkaji topik ini lebih mendalam. Kata Kunci: Minat Belajar, Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 06:42 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 06:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69443 |
Actions (login required)
View Item |