HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DAN KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PASUNDAN 4 BANDUNG

TAINI YUSLICHA SALMA, 205020031 (2024) HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DAN KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PASUNDAN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) bagaimana minat belajar peserta didik kelas X dan XI SMA Pasundan 4 Bandung. (ii) bagaimana keaktifan belajar peserta didik kelas X dan XI SMA Pasundan 4 Bandung. (iii) apakah terdapat hubungan antara minat belajar dengan keaktifan belajar peserta didik kelas X dan kelas XI mata pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 4 Bandung tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 140 responden. Metode yang diterapkan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik survey dan pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan: (i) secara deskriptif, rata-rata skor minat belajar adalah 3,975 (80%), termasuk kategori baik. (ii) Rata-rata skor keaktifan belajar adalah 4,019 (80%), termasuk kategori sangat baik. (iii) Terdapat hubungan signifikan antara minat belajar dan keaktifan belajar peserta didik dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,598, termasuk kategori sedang dan bernilai positif. Penelitian ini memberikan sejumlah saran untuk meningkatkan minat dan partisipasi belajar peserta didik SMA. (i) peserta didik diharapkan aktif mengembangkan minat belajar, berpartisipasi optimal di kelas, dan mengelola waktu dengan baik. (ii) guru sebaiknya menggunakan metode pengajaran bervariasi, meningkatkan interaksi positif, dan memberikan motivasi melalui penghargaan dan relevansi materi. (iii) sekolah perlu menciptakan lingkungan belajar kondusif dengan fasilitas memadai dan suasana belajar positif. (iv) orang tua harus membangun komunikasi terbuka, memberikan dukungan emosional, dan mendorong kemandirian peserta didik. (v) pemerintah perlu meningkatkan investasi dalam pendidikan dan mendukung program-program motivasi peserta didik. (vi) peneliti selanjutnya diharapkan mencari lebih banyak sumber dan mengkaji topik ini lebih mendalam. Kata Kunci: Minat Belajar, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:42
Last Modified: 01 Aug 2024 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69443

Actions (login required)

View Item View Item