PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Asysyfa Novalia Nur, 205060113 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil pengamatan yang sudah dilakukan bahwa antusias peserta didik dalam belajar masih sangat rendah. Sesuai dengan hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) 2023 terdaftar bahwa Indonesia berada pada peringkat ke 68 dari 72 negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, seberapa besar pengaruh dan peningkatan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi canva terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian penelitian semu (Quasi Eksperimen). desain penelitian PretestPosttest Only Control Gorup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik salah satu sekolah dasar di daerah Lembang sebanyak 350 peserta didik. Sebanyak 42 peserta dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu pilihan ganda dan metode non-tes yaitu observasi. Instrumen tes yang digunakan untuk mengumpulkam data diuji terlebih dahulu menggunakan uji validitas, reliablitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Data analisis diolah dengan bantuan IBM SPSS Statistic 2.7 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama, terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis antara peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional (Jigsaw). Digunakan uji independent simple t-test sengan thitung (2,114) lebih besar dibanding t tabel (2,2021) atau 2,114 >2,021 dan sig. = 0,041. Kedua, terdapat pengaruh yang besar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi canva terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sesuai dengan hasil uji effect size sebesar 0,0637 dilihat dari kriteria effect size pada kisaran kategori 05< d <0,8 dalam kategori besar. Ketiga, terdapat peningkatan yang tinggi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi canva terhadap kemampuan berpikir kritis sesuai dengan hasil uji N-gain ternormalisasi sebesar 0,7732 dapat dikategorikan tinggi. Hasil penelitian menemukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantan aplikasi canva terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik menimbulkan pengaruh yang signifikan. Kemudian, untuk penerapan selanjutnya lebih baik dipadukan dengan berbagai game agar memaksimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Kata Kunci: problem based learning (PBL), canva, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:47
Last Modified: 31 Jul 2024 08:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69430

Actions (login required)

View Item View Item