KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN WORDWALL

AMALIA RIANA AULIA, 205050054 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi dari siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (2) mengetahui motivasi belajar siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa memperoleh pembelajaran biasa. (3) mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan Wordwall. (4) mengetahui model Problem Based Learning berbantuan Wordwall efektif untuk peningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Seluruh siswa kelas VIII SMP Pasundan 8 Bandung ditetapkan sebagai populasi penelitian untuk sampel penelitian terdiri dari 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan berpikir kritis matematis yang telah di uji coba dan dinyatakan valid dan angket motivasi belajar yang telah dinyatakan valid. Analisis data menggunakan IBM SPSS 27 for Windows. Simpulan penelitian ini adalah (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa memperoleh Problem Based Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) Motivasi belajar siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan Wordwall. (4) Model Problem Based Learning berbantuan Wordwall efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa SMP. Kata Kunci: Problem Based Learning, berpikir kritis, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:45
Last Modified: 31 Jul 2024 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69429

Actions (login required)

View Item View Item