Maulana, Annisya Tiara (2024) PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING BERBANTUAN MEDIA ISPRING SUITE DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS RESENSI BERORIENTASI PADA BERNALAR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat peserta didik dalam keterampilan menulis terutama pada teks resensi disebabkan kurangnya inovasi dalam media pembelajaran dan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mampukah penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menerapkan metode Guided Note Taking berbantuan media iSpring Suite dalam pembelajaran menyusun teks resensi; mengetahui efektifkah penerapan metode Guided Note Taking berbantuan media iSpring Suite dalam meningkatkan kemampuan menyusun teks resensi peserta didik; dan mengetahui kemampuan peserta didik ketika diterapkan metode Guided Note Taking yang berbantuan media iSpring Suite dalam pembelajaran menyusun teks resensi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental design. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu dalam merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,7 untuk kelas eksperimen dan kontrol berkategori sangat baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,9 untuk kelas eksperimen dan 3,75 untuk kelas kontrol berkategori sangat baik. Metode Guided Note Taking berbantuan media iSpring Suite efektif digunakan pada pembelajaran menyusun teks resensi. Hal ini dibuktikan dengan uji Mann-Whitney yaitu nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Apabila nilai sig 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode Guided Note Taking berbantuan media iSpring Suite efektif digunakan pada kelas eksperimen dibandingkan metode ceramah pada kelas kontrol. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen meningkat ketika diterapkan Guided Note Taking berbantuan media iSpring Suite. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen 94,1 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 73,8. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyusun teks resensi mengalami peningkatan hasil belajar. Kata kunci: Menulis, Guided Note Taking, iSpring Suite, teks resensi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:41 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69395 |
Actions (login required)
View Item |