Desain dan Pembuatan Alat Bending Frame Tractor Portable Multifungsi Design and Manufacture of Multifunctional Portable Tractor Frame Bending Tools

Abdillah, Rifqi and Rizayana, Farid and Hartono, Rachmad (2024) Desain dan Pembuatan Alat Bending Frame Tractor Portable Multifungsi Design and Manufacture of Multifunctional Portable Tractor Frame Bending Tools. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
RIFQI ABDILLAH_163030128_TEKNIK MESIN.pdf

Download (345kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tractor Portable merupakan produk inovatif hasil riset di Teknik Mesin Universitas Pasundan khususnya PT. Yeda Presisi Engineering, traktor ini merupakan alat bantu petani multifungsi selain untuk proses penggemburan tanah pada era pertanian lahan miring traktor tersebut d apat difungsikan seperti memompa air, sprayer (penyemprot hama), perontok padi dan sebagainya. Inilah yang mendorong permintaan akan frame tractor portable yang lebih kecil, ringan, dan mudah dipindahkan untuk mengakomodasi kebutuhan pertanian modern. Berdasarkan hal tersebut maka dibuatlah alat bending frame tractor portable guna mengurangi biaya produksi, dan estimasi waktu produksi yang lebih cepat di PT Yeda Presisi. Spesifikasi diameter pipa maksimal yang dapat ditekuk yaitu 15 mm dan radius 54 mm. Alat bending frame tractor ini berdimensi panjang 30 cm x lebar 30 cm x tinggi 110 cm untuk pengerolan maksimal pipa berdiameter 3/4 inch (19,05 mm). Waktu produksi jadi lebih efisien karena adanya alat bantu pengelasan dan alat bending pipa yang sudah dirancang sebelumnya. Biaya produksi untuk setiap frame tractor lebih ekonomis karena seluruh proses pengerjaan dikerjakan di PT. Yeda Presisi Engineering dan menghemat biaya produksi sebesar ± Rp.340.000. Kata kunci: Tractor portable, Frame tractor portable, Biaya produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:13
Last Modified: 25 Jul 2024 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69381

Actions (login required)

View Item View Item