REINA ASYFAHANI DINI, 205020052 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen pada Materi Kerja Sama Ekonomi Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Semester Genap SMA PGRI 1 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
2 . PENGESAHAN.pdf Download (726kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
|
Text
14 . DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh fenomena masalah pemahaman siswa terhadap materi ajar relatif rendah karena penggunaan model pembelajaran yang cenderung berorientasi pada guru (teacher centered learning), sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA PGRI 1 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan Quasi Eksperimen. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes berbentuk soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata perolehan Pre-Test sebesar 53,13 dan nilai rata-rata Post-Test sebesar 77,01 dengan perbedaan sebesar 23,88%. (ii) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kelas kontrol dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata Pre-Test sebesar 52,60 dan nilai rata-rata Post-Test sebesar 67,53 dengan perbedaan sebesar 14,93%. (iii) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang signifikan sebesar sebesar 9,47%. (iv) Terdapat pengaruh dari penerapan Model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa dalam kategori sedang berdasarkan hasil uji Effect Size yang memperoleh nilai Conhen’s D sebesar 56%. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada sekolah agar memfasilitasi guru agar menjadikan Model Discovery Learning sebagai alternatif dalam pembelajaran yang dilakukan serta guru dapat melakukan berinovasi dalam penggunaan model pembelajaran. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 20 Jul 2024 04:01 |
Last Modified: | 20 Jul 2024 04:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69347 |
Actions (login required)
View Item |