Ariyanti Eka Agustina, 205020053 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR (Studi Quasi Eksperimen pada Materi Kerja Sama Ekonomi Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 5 Semester Genap SMA PGRI 1 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (547kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol, adakah perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran kelas eksperimen maupun kontrol, serta seberapa besar peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penerapan model pada kelas eksperimen yaitu peserta didik memperhatikan, mengamati dan dapat memecahkan permasalahan sesuai dengan tema. Hasil belajar kelas eksperimen yaitu sebelum menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) 38,4848, sesudah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) 88,0303, dan kelas kontrol yaitu sebelum menerapkan model pembelajaran langsung 46,7188, sedangkan sesudah menerapkan model pembelajaran langsung 59,3750. Adapun pengolahan data dengan perbantuan cohen's d effect size paired t test calculator sebesar 0,209372, yang artinya terdapat pengaruh, serta hasil uji independent sample t-test terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan kesimpulan dan saran bahwa pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar, serta saran diharapkan dapat menjadi referensi bagi kepala sekolah, bagi guru diharapkan dapat mengaplikasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan bagi peserta didik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dengan mengikuti setiap rangkaian pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 20 Jul 2024 03:55 |
Last Modified: | 20 Jul 2024 03:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69346 |
Actions (login required)
View Item |