PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN POWTOON

LESTARI TITIN, 205050030 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN POWTOON. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (469kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Powtoon lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Powtoon lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) korelasi antara peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Powtoon; 4) efektivitas model Discovery Learning berbantuan Powtoon terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tergolong kategori sedang; dan 5) efektivitas model Discovery Learning berbantuan Powtoon terhadap SelfRegulated Learning siswa tergolong kategori sedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung tahun ajaran 2023-2024 dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket Self-Regulated Learning yang telah memenuhi kriteria keandalan soal. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 23 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep maternatis siswa terhadap model Discovery Learning berbantuan Powtoon lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) SelfRegulated Learning siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Powtoon lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) terdapat korelasi antara peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Powtoon; 4) efektivitas model Discovery Learning berbantuan Powtoon terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tergolong kategori besar; dan 5) efektivitas model Discovery Learning berbantuan Powtoon terhadap Self-Regulated Learning siswa tergolong kategori besar. Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Self-Regulated Learning, Discovery Learning, Powtoon.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:06
Last Modified: 19 Jul 2024 02:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69339

Actions (login required)

View Item View Item