NURDIANSAH,YUSUP, 205060165 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (377kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) | Preview |
Abstract
Penelitiian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V yang masih rendah, sehingga pencapaian hasil belajar matematika siswa masih banyak yang belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Terkait dengan masalah tersebut, maka rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut. 1) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model problem based learning berbantuan aplikasi articulate storyline lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model direct instruction? 2) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memproleh model problem based learning berbantuan aplikasi articulate storyline lebih tinggi daripada siswa yang memproleh model direct instruction? Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi articulate storyline terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ditujukan kepada siswa kelas V di SDN 066 Halimun Kota Bandung. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 066 Halimun. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas Eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji hipotesis dan uji n-gain dengan bantuan aplikasi SPSS versi 27.0. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, kemampuan akhir pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi articulate storyline lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran direct instruction. Peningkatan kemampun pemecahan masalah matematis siswa dari hasil uji gain ternormalisasi yaitu 0,55 dengan kategori peningkatan sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berbantuan aplikasi articulate storyline dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Dasar sekitar 55%. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Model Problem Based Learning, Articulate Storyline.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 04:06 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 04:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69240 |
Actions (login required)
View Item |