STRATEGI PEMASARAN KAWASAN WISATA TERPADU

SUKENDA, ENDA (2024) STRATEGI PEMASARAN KAWASAN WISATA TERPADU. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL ENDA SUKENDA STRATEGI PEMASARAN KAWASAN WISATA TERPADU.docx

Download (440kB)

Abstract

Jumlah kunjungan wisatawan Obyek Wisata Alam Bumi Perkemahan Palutungan pada tahun 2023 berkurang sebanyak 19.68% dibandingkan tahun 2022. Untuk mempertahankan esksitensi dan mampu bersaing perlu adanya inovasi yang terbarukan. Untuk membuat perencanaan bisnis dan mengetahui potensi yang dimiliki perlu adanya suatu Analisis. Analisis SWOT adalah merupakan alat analisis yang digunakan untuk menyusun faktor-faktor strategis implementasi strategi pemasaran. Fokus penelitian mencakup fenomena yang diteliti berbasis dengan referensi dan literasi pustaka. Penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan observasi pada teori dengan berfokus pada strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan berdasarakan analisis SWOT. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif ekploratif dengan sifat penelitian single case dengan informan yang terdiri dari kepala balai taman nasional gunung ciremai, kepala badan perencanaan pembangunan, kepala dinas pemuda olahraga pariwisata, akademisi program studi manajemen pariwisata sekolah tinggi ilmu kesehatan kuningan, agen travel, tokoh masyarakat, ketua koperasi alam citra mandiri, kepala desa cisantana dan pengunjung obyek wisata. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi SO: Obyek Wisata Alam Bumi Perkemahan Palutungan dapat saling terintegrasi dengan pengembangan kawasan wisata tepadu sistem zonasi dimana wisata yang lokasinya berdekatan dapat dihubungkan dengan suatu jalur sekaligus efisiensi terhadap penyediaan sarana prasarana dan peningkatan digitaliasi pemasaran. Strategi SW : menerapkan sistem zonasi, aliansi kemitraan, penambahan dan peningkatan kualitas SDM, pembuatan tempat daur ulang sampah. Strategi ST : peningkatan penyuluhan mitigasi bencana alam, membuat rambu edukasi peduli kelestarian alam dan membuat regulasi kepatuhan melalui peraturan daerah. Strategi pemasaran kawasan wisata terpadu pada Obyek Wisata Alam Bumi Perkemahan Palutungan ini sangat diperlukan sebagai rumusan dasar pertimbangan dalam pengembangan implementasi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang berkelanjutan dengan memanfaatkan kemajuan digitalisasi pemasaran untuk promosi pelayanan dan tentunya komitmen bersama dengan semua unsur pihak terkait. Kata kunci: strategi pemasaran, kawasan wisata terpadu, analisis swot, kunjungan wisatawan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:51
Last Modified: 24 Jun 2024 08:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69135

Actions (login required)

View Item View Item