Dono Prasetiyo, Fariza (2024) PENGARUH PLACE, PROMOTION DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS RENDE. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
JURNAL FARIZA DONO PRASETIYO 208020208.docx Download (90kB) |
Abstract
Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif. Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam pemanfaatan layanan kesehatan. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan pada pelanggan yang akhirnya pelanggan akan memanfaatkan dan merekomendasikan pelayanan kesehatan tersebut pada orang di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui besarnya pengaruh place, promotion, dan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Rende secara simultan dan parsial. Metode pada penelitian ini menggunakan tipe metode deskriptif survey dan explanatory survey. Teknik pengambilan data dengan menggunakan stratified proportional random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian mendapatkan place, promotion, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Pengaruh bersama-sama (simultan) place, promotion, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Rende sebesar 87,5%. Temuan ini menekankan pentingnya investasi dalam ketiga aspek tersebut untuk meningkatkan pengalaman dan loyalitas pasien. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Place, Promotion
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2024 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 07:11 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 07:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69110 |
Actions (login required)
View Item |