OPTIMASI COST OF GOOD SOLD PADA FORMULA MINUMAN SERBUK BERPERISA RASA COKELAT SUSU DENGAN METODE CRISP LINEAR PROGRAMMING BESERTA PENENTUAN BATAS KADALUARSA PRODUK MENGGUNAKAN METODA ACCELERATED SHELF LIFE TESTING (ASLT)

Charisma Putri, Nadya (2024) OPTIMASI COST OF GOOD SOLD PADA FORMULA MINUMAN SERBUK BERPERISA RASA COKELAT SUSU DENGAN METODE CRISP LINEAR PROGRAMMING BESERTA PENENTUAN BATAS KADALUARSA PRODUK MENGGUNAKAN METODA ACCELERATED SHELF LIFE TESTING (ASLT). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL NADYA CHARISMA P_MTP.docx

Download (55kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Cost of Good Solds optimum yang didapatkan dari formula minuman serbuk berperisa rasa cokelat susu dan batas kadaluarsa produk dalam pengembangan produk di PT. QRS. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian adalah mendapatkan Cost of Good Solds optimal dalam pembuatan minuman serbuk berperisa rasa cokelat susu dapat menggunakan metode Crisp Linear Programming. Metoda yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penerapan dari Crisp Linear Programming pada harga yang konstan untuk semua bahan baku diikuti dengan pengujian kimia dan organoleptik. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa dari 9 perlakuan yang dilakukan menggunakan metoda Rancangan Acak Kelompok (RAK), perlakuan X2O1 terpilih untuk digunakan pada penelitian tahap 2 dan diterima dengan data harga Rp. 27,589.70 pada penelitian tahap 2 dengan menggunakan metode Crisp Linear Programming. Dari metoda Crisp Linear Programming pada formula minuman serbuk berperisa rasa cokelat susu mengandung air 2.83%; lemak 6.13%; protein 2.03% ; karbohidrat 82.11% ; abu 0.08%. Dari analisa organoleptik terlihat bahwa panelis tidak bisa membedakan antara 2 sampel yang disajikan, yaitu sampel formula yang dihasilkan Crisp Linear Programming dan sampel terpilih pada penelitian tahap 1 (X2O1). Dari hasil Hasil analisa batas kadaluarsa menggunakan metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT) didapatkan batas kadaluarsa untuk produk minuman serbuk berperisa rasa cokelat susu, yaitu 539 hari. Kata kunci : cost of good solds, formulasi, minuman serbuk berperisa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknologi Pangan 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 22 May 2024 03:16
Last Modified: 22 May 2024 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69010

Actions (login required)

View Item View Item