Implementation of the Old Banten Revitalization Policy: Strategy for the Revitalization of the Old Banten Area for the 2017-2022 Banten Provincial Government Period

Jazuli Abdillah, Ahmad (2024) Implementation of the Old Banten Revitalization Policy: Strategy for the Revitalization of the Old Banten Area for the 2017-2022 Banten Provincial Government Period. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
LoA_Tec Empresarial_Ahmad Jazuli Abdillah.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (29kB)
[img] Text
Disertasi Ahmad Jazuli Abdillah DIS (1).pdf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Strategi Implementasi Kebijakan Revitalisasi Banten Lama, di Provinsi Banten pada tahun 2017-2022. Kebijakan revitalisasi situs wisata religi Banten Lama, mendapatkan payung hukum melalui Keputusan Gubernur Banten Nomor 437/KEP.160-Huk/2018, Tentang Penetapan Zonasi Cagar Budaya Banten Lama. Masalah yang muncul dalam penelitian ini adalah bahwa kebijakan revitalisasi Kawasan Wisata Religi Banten Lama sebelumnnya dilakukan secara parsial dan tidak menyeluruh. Selain itu program tersebut terkendala oleh konflik sosial yang tajam antara para pemangku kepentingan di kawasan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan dilakukan melalui wawancara mendalam, studi kepustakaan dan observasi. Sedangkan Teknik Analisa data menggunakan Soft System Methodology (SSM) Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi revitalisasi Kawasan Banten Lama dilakukan secara komprehensif dengan tidak hanya membangun dan merevitalisasi situs utama Banten Lama, seperti Masjid Agung, Keraton Surosowan, Benteng Spelwijk, serta Danau Tasikardi. namun juga sekaligus membangun fasilitas pendukung wisata seperti pembangunan sistem jaringan sarana dan prasarana serta fasilitas publik, pembangunan sistem jaringan transportasi terintegrasi, pembangunan sistem komunikasi, pembangunan sistem perparkiran, pembangunan sistem perairan dan jaringan drainase, serta pembangunan sistem pengolahan limbah dan sampah Selain itu dengan menggunakan model implementasi kebijakan Merile S.Grindle dapat diketahui 2 faktor yang mempengaruhi pelaksanaan sebuah kebijakan, yaitu konten serta konteks kebijakan. Konten kebijakan meliputi interest affected/kepentingan yang terdampak,type of benefit/ manfaat yang dihasilkan, extend of change envisioned/ keluasan perubahan yang diharapkan, site of decision making/posisi pembuat keputusan, serta program implementator/ pelaksana program. Sedankan konten kebijakan meliputi kekuasaan dan kepentingan, institusi dan karakter rezim, serta kesadaran dan ketanggapan pelaksana Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Banten Lama, Konflik Sosial, Keamanan Berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 11 May 2024 07:26
Last Modified: 20 May 2024 02:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68996

Actions (login required)

View Item View Item