PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA YANG DILAKUKAN OLEH APARAT PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR KEPADA MASYARAKAT ADAT PUBABU BESIPAE

Febri Rizki Amelia, 191000068 (2024) PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA YANG DILAKUKAN OLEH APARAT PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR KEPADA MASYARAKAT ADAT PUBABU BESIPAE. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
08 BAB 1.pdf

Download (172kB)
[img] Text
09 BAB 2.pdf

Download (129kB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

Pelanggaran HAM yang dilakukan aparat seringkali melibatkan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh aparat keamanan atau pejabat publik dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif untuk menganalisis kerangka hukum yang ada yang dapat memberikan perlindungan terhadap hak asasi manusia. Pendekatan yuridis normatif digunakan untuk mengidentifikasi ketentuan-ketentuan dalam peraturan hukum yang relevan dengan pelanggaran HAM yang melibatkan aparat Provinsi NTT terhadap masyarakat adat Pubabu Besipae Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini juga mempertimbangkan peraturan perundang-undangan lain yang relevan dengan permasalahan ini. Pendekatan ini melibatkan analisis kasus untuk memahami bagaimana kerangka hukum ini diterapkan dalam praktik. Penanganan kasus pelanggaran HAM berat yang dilakukan oleh pihak berwenang memerlukan respon tegas dari sistem peradilan dan penegakan hukum, serta perlunya transparansi, akuntabilitas dan reformasi institusi keamanan. Langkah-langkah ini penting untuk menjamin keadilan bagi korban, menegakkan akuntabilitas bagi pelaku, dan mencegah pelanggaran serupa terjadi di masa depan. Oleh karena itu, perlindungan dan penegakan hak asasi manusia merupakan tantangan bersama yang memerlukan kerja sama antara pemerintah, lembaga hak asasi manusia, masyarakat sipil, dan komunitas internasional. Hasil penelitian ini adalah dalam rangka perlindungan hak asasi manusia, terdapat kesenjangan antara ketentuan hukum yang ada dengan kenyataan di lapangan sehingga seringkali menimbulkan celah hukum. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan mengenai perlindungan hak asasi manusia, serta pandangan hukum untuk meningkatkan efektivitas kerangka hukum yang ada dalam melindungi hak asasi manusia. Kata kunci: Aparat, Hak Asasi Manusia, Perlindungan Hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 06 May 2024 08:16
Last Modified: 06 May 2024 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68984

Actions (login required)

View Item View Item