PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM NANAS ALAM SARI DI SUBANG

Sujana, Djajang (2024) PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM NANAS ALAM SARI DI SUBANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 2.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

UMKM Alam Sari berdiri pada tahun 1997 yang merupakan pecahan dari UMKM Mekar Sari yang menjual berbagai macam olahan Nanas Khas dari Kabupaten Subang. UMKM Alam Sari memiliki beberapa produk yang ditawarkan seperti, dodol nanas, kerupuk nanas, keripik nanas, sirup nanas, coklat nanas, manisan, dan lain-lain. Berdasakan hasil penelitian awal kepada konsumen UMKM Nanas Alam Sari di Subang ditemukannya adanya permasalahan yang berkaitan dengan keputusan pembelian konsumen dengan indikator keputusan yang berdasarkan dengan apa yang diinginkan oleh konsumen dan kekebalan dari daya tarik produk sejenis dari pesaing yang disebabkan oleh kurang optimalnya pelaksanaan diferensiasi produk pada UMKM Nanas Alam Sari dengan indikator penyesuaian dan fitur. Tjuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada UMKM Nanas Alam Sari di Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang dibutuhkan untuk penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan penyebaran kuesioner kepada konsumen UMKM Nanas Alam Sari di Subang dengan jumlah responden 40 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Validitas Instrumen, Uji Reliabilitas Instrumen, Regresi Linear Sederhana, Korelasi Rank Spearman, Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, bahwa terdapat pengaruh yang positif antara diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada UMKM Nanas Alam Sari di Subang. Hambatan dan upaya terkait diferensiasi produk yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen yaitu kurangnya inovasi dan kreativitas terhadap produk dari bahan jenis olahan nanas dan adanya beberapa konsumen yang sering tidak menyadari perbedaan antara produk nanas UMKM Nanas Alam Sari dengan produk dari pesaing. Sehingga upaya yang dilakukan adalah Melakukan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap pembeda dari produk yang di jual oleh UMKM Nanas Alam Sari dengan produk pesaing. dan mencoba melakukan berbagai macam inovasi baru terhadap sebuah produk. Kata Kunci : Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:35
Last Modified: 24 Apr 2024 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68902

Actions (login required)

View Item View Item