PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BANDUNG CHEESECUIT DI KOTA BANDUNG

Meliana, Anisa (2024) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BANDUNG CHEESECUIT DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
BAB II_Anisa Meliana.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB I_Anisa Meliana.pdf

Download (485kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_Anisa Meliana.pdf

Download (238kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR_Anisa Meliana.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Anisa Meliana.pdf

Download (193kB)
[img] Text
COVER_Anisa Meliana.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_Anisa Meliana.pdf

Download (188kB)
[img] Text
ABSTRAK_Anisa Meliana.pdf

Download (257kB)

Abstract

Bandung Cheesecuit merupakan suatu merek yang menawarkan produk makanan berupa kue yang saat ini menjadi salah satu produk kekinian yang terkenal sebagai produk oleh-oleh di kota Bandung. Berdiri sejak tahun 2017, mengusung inovasi American Cheese cake, produk dengan berbahan dasar krim keju dan biscuit. Bandung Cheesecuit memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produknya. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan permasalahan terkait keputusan pembelian dimana kurangnya konsumen dalam pencarian informasi secara detail, dikarenakan kurangnya kesadaran konsumen terhadap produk yang ditawarkan Bandung Cheesecuit dan Sebagian besar konsumen kurang aktif mmeberikan ulasan dan rekomendasi terkait produk Bandung Cheesecuit. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh Electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Bandung Cheesecuit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini data yang diperlukan bersumber dari data primer dan sekunder, dengan pengumpulan data pada penelitian ini digunakan dengan cara observasi, wawancara, serta kuesioner yang disebarkan kepada konsumen Bandung Cheesecuit dengan jumlah responden sebanyak 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, regresi linier sederhana, korelasi rank sprearman dan koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan software SPSS 25.0. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian adanya pengaruh positif Electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Bandung Cheesecuit. Terdapat kontribusi atau pengaruh Electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian sebesar 58,3%, sedangkan sisanya sebesar 41,7% merupakan pengaruh dari variabel eksternal diluar penelitian seperti penetapan harga, pelayanan, content marketing dan lainnya. Saran peneliti terhadap Bandung Cheesecuit dapat meningkatkan pemanfaatan Electronic word of mouth dengan melibatkan konsumen dalam memberikan ulasan serta merekomendasikan produk di berbagai platform media sosial. Hal ini karena ulasan positif yang banyak dapat meningkatkan minat calon konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Kata Kunci: Electronic word of mouth, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:31
Last Modified: 23 Apr 2024 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68876

Actions (login required)

View Item View Item