Efektifitas Penegakan Hukum Pelanggaran Lalu Lintas Via Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) (Study Kasus Polres Madiun Kota Jawa Timur)

Dian Marsasi, Estin (2024) Efektifitas Penegakan Hukum Pelanggaran Lalu Lintas Via Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) (Study Kasus Polres Madiun Kota Jawa Timur). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL TESIS ESTIN_PENEGAKAN HUKUM _VIA ETLE_2024.docx

Download (144kB)

Abstract

Kesadaran hukum merupakan faktor utama yang harus senantiasa disosialisakan dan diingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat, banyaknya permasalahan hukum yang terjadi saat ini di sebabkan karena kurang adanya kesadaran hukum dari Masyarakat dalam berkehidupan, sehingga selalu menimbulkan kerugian baik bagi dirinya sendiri maupun terhadap orang lain. Banyak pelanggaran lalulintas yang di sebabkan kurangnya kesadaran dari penggendara yang menyebabkan adanya kondisi tidak tertib di jalan hal itu yang menjadi tugas kepolisian untuk melakukan Penegakan hukum terhadap pelanggran lalulintas. Di kaji dari perspeektif kriminologi Pelanggaran lalulintas adalah Adanya penyimpang prilaku yang seseorang sering kali menimbukan bahaya bukam saja pada orang di sekitar namun juga berbahaya terhadap diri sendiri. Hukum merupakan alat rekayasa sosial yang digunakan untuk melakukan perubahan terhadap pola tingkah laku Masyarakat, agar sesuai dengan aturan yang di kehendaki oleh hukum itu sendiri. Banyak perbutan yang dilakukan oleh Masyarakat menandakan bahwa kesadaran masyarkat akan hukum masih rendah, sehingga hal tersebut menjadikan suatu hal yang sangat penting dalam mengukur Tingkat efektifitas hukum yang di perlakukan dalam suatu negara. Kepolisian Republik Indonesi yang memilki tugas dan fungsi dalam penegakan Hukum pelanggaran lalulintas dituntut untuk dapat bekerja secara profesiaonal, melalui penerpan dan pelaksanaan penegakan hukum melalui sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), diharpkan mamppu menekan tingginya pelanggaran lalulintas. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yurisdis Penelitian ini menggunakan 2 (dua) pendekatan, yaitu pertama, pendekatan perundang-undangan, yang dilakukan dengan menelaah undang-undang dan peraturan- peraturan lainnya yang berhubungan dengan isu hukum yang sedang diteliti. Kedua, pendekatan konseptual, yang dilakukan dengan beranjak dari pandangan- pandangan, doktrin-doktrin, dan teori-teori yang berkembang dalam ilmu hukum, dengan tujuan untuk menemukan ide-ide yang melahirkan pengertian-pengertian hukum, konsep-konsep hukum, dan asas-asas hukum yang relevan dengan isu hukum, data yang di gunakan adalah data kepustakaan data yang diperoleh dari penelitian akan dianalisis dengan menggunakan metode Deskriptif, yaitu hanya akan menggambarkan saja dari hasil penelitian yang berhubungan dengan pokok permasalahan. Penelitian ini diharapkan dapat mengukur seberapa besar pengaruh hukum tentang lalulintas dapat memberikan perubahan terhadap Masyarakat sehingga hal tersebut akan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap tingginya angka pelanggaran dan kecelakaan. Kata Kunci : Efektifitas Penegakan Hukum , Pelanggaran Lalu Lintas, Via Electronic Traffic Law Enforcement

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:43
Last Modified: 30 Apr 2024 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68843

Actions (login required)

View Item View Item