CITY BRANDING KOTA BANDUNG MELALUI PLATFORM PATRAKOMALA DI BIDANG EKONOMI KREATIF DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA BANDUNG

Nusantara, Rangga Surya Bhakti (2024) CITY BRANDING KOTA BANDUNG MELALUI PLATFORM PATRAKOMALA DI BIDANG EKONOMI KREATIF DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
11. RINGKESAN (sund).pdf

Download (225kB)
[img] Text
12. KATA PENGANTAR.pdf

Download (349kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (100kB)
[img] Text
10. ABSTRACT (eng).pdf

Download (224kB)
[img] Text
9. ABSTRAK (ind).pdf

Download (146kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (153kB)
[img] Text
13. DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
14. BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[img] Text
15. BAB II.pdf

Download (742kB)

Abstract

City Branding merupakan salah satu pemasaran kota dengan menggunakan sebuah identitas yang spesifik dengan tujuan untuk membangun sebuah nilai dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Dalam hal ini Kota Bandung mempunyai sektor ekonimi kreatif yang sangat banyak, berbagai macam pelaku ekonomi kreatif yang sebagian besar masuk ke dalam platform Patrakomala Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan peranan city branding dalam meningkatkan pengembangan sektor ekonomi kreatif di Kota Bandung. Kegiatan pelatihan dan pengembangan dilakukan melalui banyak program yang sudah dilakukan oleh Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata salah satunya melalui program Patrakomala Bidang Ekonomi Kreatif di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dara ini melalui teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti ditinjau dari dimensi city branding yang dikemukakan oleh Insch (dalam Lutfi 2018:315) dengan dimensi: Identity, Objective, Communication, dan Coherence. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan city branding Patrakomala sudah berjalan dengan cukup baik namun berjalan dengan maksimal karena masih ditemukannya sumber daya manusia yang kurang profesional dalam bidangnya, anggaran, dan , kesadaran masyarakat dan pelaku ekonomi kreatif sehingga berpengaruh kedalam pengembangan industri ekonomi kreatif. Kata Kunci: City Branding, Ekonomi Kreatif, Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:19
Last Modified: 22 Apr 2024 02:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68839

Actions (login required)

View Item View Item