Karakter Islami dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Yang Memperoleh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Berdasarkan Intensitas Melaksanakan Puasa Senin – Kamis

Hidayat, Sarip and Kartasasmita, Bana G. and Mutiara Sari, Nenden (2024) Karakter Islami dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Yang Memperoleh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Berdasarkan Intensitas Melaksanakan Puasa Senin – Kamis. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TESIS.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis perbedaan akhlak islami antara siswa yang belajar menggunakan strategi CTL dan konvesional; (2) Menganalisis perbedaan kemampuan berfikir kritis antara siswa yang menggunakan strategi CTL dan konvesional; (3) Menganalisis perbedaan akhlak islami siswa berdasarkan intensitas melaksanakan puasa senin kamis; (4) Menganalisis perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa berdasarkan intensitas melaksanakan puasa senin kamis; (5) Menganalisis kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan strategi CTL lebih baik daripada strategi konvensional berdasarkan intensitas melaksanakan puasa senin – kamis; (6) Menganalisis akhlak islami siswa yang menggunakan strategi CTL lebih baik daripada strategi konvensional berdasarkan intensitas puasa senin – kamis. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan desain penelitian berbentuk “desain penelitian sederhana”. Pemilihan sampel menggunakan nonprobabilitas atau non peluang dengan teknik “Sampel Bertujuan” dengan sub teknik “Sampel Penilaian” dari 3 kelas IX berjumlah 90 orang, sejumlah 45 siswa diberikan perlakuan dengan pembelajaran CTL dan 45 lainnya menggunakan strategi konvensional. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan (1) Akhlak islami siswa yang belajar menggunakan strategi CTL tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvesional; (2) Kemampuan berfikir kritis siswa yang belajar menggunakan strategi CTL lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan strategi konvesional; (3) Terdapat perbedaan akhlak islami siswa yang selalu, sering, dan jarang melaksanakan puasa senin-kamis; (4) Terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang selalu, sering, dan jarang melaksanakan puasa senin-kamis; (5a) Akhlak islami siswa yang belajar menggunakan strategi CTL lebih baik daripada siswa yang menggunakan strategi konvensional berdasarkan kategori siswa yang selalu melaksanakan puasa senin kamis; (5b) Akhlak islami siswa yang belajar menggunakan strategi CTL tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan strategi konvensional berdasarkan kategori siswa yang sering melaksanakan puasa senin kamis; (5c) Akhlak islami siswa yang belajar menggunakan strategi CTL lebih baik daripada siswa yang menggunakan strategi konvensional berdasarkan kategori siswa yang jarang melaksanakan puasa senin kamis; (6a) Kemampuan berfikir kritis siswa yang belajar menggunakan strategi CTL lebih baik daripada siswa yang menggunakan strategi konvensional berdasarkan kategori siswa yang selalu melaksanakan puasa senin kamis; (6b) Kemampuan berfikir kritis siswa yang belajar menggunakan strategi CTL lebih baik daripada siswa yang menggunakan strategi konvensional berdasarkan kategori siswa sering melaksanakan puasa senin kamis; (6c) Kemampuan berfikir kritis siswa yang belajar menggunakan strategi CTL lebih baik daripada siswa yang menggunakan strategi konvensional berdasarkan kategori siswa jarang melaksanakan puasa senin kamis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 18 Apr 2024 08:15
Last Modified: 18 Apr 2024 08:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68808

Actions (login required)

View Item View Item