Strategy For Institutional Capacity Building of Quality Education Program in the Indramayu Regency Government

Abidin, Zaenal and Suryadi, Soleh and Bustomi, Thomas (2024) Strategy For Institutional Capacity Building of Quality Education Program in the Indramayu Regency Government. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
LoA JPT_Zaenal Abidin.pdf

Download (204kB)
[img] Text
ABSTRAK ZAENAL.docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kondisi dimana terjadi fenomena di kabupaten Indramayu mengenai IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang menduduki urutan ketiga dari bawah di wilayah provinsi Jawabarat, Fenomena RLS (Rata-rata Lama Sekolah) yang hanya 63,4 %,Ditemukannya IPM Kabupaten Indramayu yang masih rendah yaitu 73.63 dengan posisi tiga terendah di provinsi Jawa Barat,Ditemukannya tingkat APS (Angka Partisipasi Sekolah) untuk Umur 12-17 yang masih rendah yaitu usia sekolah pada tingkat SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama) Belum adanya Upaya yang serius untuk program peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Indramayu padahal secara umum segala sumber daya dukung pendidikan cukup memadahi akan tetapi masih belum efektif.Diperlukan usaha dan upaya yang serius dari Dinas pendidikan Kabupaten Indramayu dengan Strategi Pengembangan Kapasitas kelembagaan. Penelitian ini difokuskan pada strategi pengembangan Kapasitas dengan memperhatikan pada delapan dimensi strategi pengembangan kapasitas kelembagaan dengan menggunakan penelitian deskriptif analisis dengan jenis pendekatan kualitatif, metode ini dipilih dengan pertimbangan data dapat diperoleh dengan sebenar-benarnya dan mampu mengkaji permasalahan penelitian secara mendalam sehingga dapat diperoleh hasil yang diharapkan.Dalam Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan FGD pada Instansi Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu sebagai Informan serta menganalisis data tekstual Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan Kapasitas kelembagaan Padaprogram peningkatkan kualitas Pendidikan di Kabupaten Indramayu ditemukan masih belum berjalan efektif dilihat dari delapan dimensi strategi yang masih kurang optimal adalah pada strategi kepemimpinan,strategi finansial dan strategi networking,sedangkan pada factor pendorong ditemukan komitmen bersama masih perlu adanya evaluasi yang cukup ketat, serta regulasi legal prosedur masih dalam tataran S.O.P (Standar Operating Prosedur) pada sedangkan pada factor penghambat (1) inkonsistensi peraturan (kebijakan) menghambat proses maupun pelaksanaan pengembangan (capacity building) karena dan (2) anggaran (budget), keterbatasan anggaran dapat menghambat proses maupun pelaksanaan pengembangan kapasitas (capacity building) masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk mewujudkan program dan kegiatan yang telah ditetapkan sebelumnya.Untuk dapat mengefektifkan hal tersebut dibutuhkan analisis SWOT dengan Terwujudnya strategi Pengembangan Kapasitas kelembagaan untuk dapat ditingkatkan pada strategi Keuangan, Kepemimpinan dan staretegi kemitraan antar Dinas dalam menggerakan program utama yaitu Kualitas pendidikan Di kabupaten Indramayu, Penguatan sinergitas OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dalam mendukung komitmen Pemerintahan Kabupaten Indramayu. KATA KUNCI : Pengembangan Kapasitas, Kualitas Pendidikan,Dinas Pendidikan

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 18 Apr 2024 06:33
Last Modified: 18 Apr 2024 07:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68806

Actions (login required)

View Item View Item