PENDIDIKAN TINGGI BAGI PEREMPUAN DI AFGHANISTAN: DI BAWAH REZIM TALIBAN

Said, Abdilah (2024) PENDIDIKAN TINGGI BAGI PEREMPUAN DI AFGHANISTAN: DI BAWAH REZIM TALIBAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Daftar Isi Abdilah.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Abdilah.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Kata Pengantar Abdilah.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Abdilah.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Abstrak Abdilah.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Cover Abdilah.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB 1 Abdilah.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB 2 Abdilah.pdf

Download (193kB)

Abstract

Afghanistan telah menyaksikan perubahan politik yang signifikan dengan kembalinya pemerintahan Taliban. Dalam konteks ini, pendidikan perempuan di perguruan tinggi menghadapi tantangan serius akibat larangan Taliban. Hal ini bertentangan dengan prinsip-prinsip inklusivitas dan kesetaraan gender yang ditekankan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) PBB, khususnya Goal 4 tentang pendidikan berkualitas dan merata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis dampak larangan Taliban terhadap akses pendidikan perempuan di Afghanistan. Teori yang digunakan meliputi konsep SDGs PBB, prinsip-prinsip hak asasi manusia, dan perspektif Islam terkait pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa larangan Taliban terhadap pendidikan perempuan di perguruan tinggi Afghanistan mengakibatkan penurunan drastis partisipasi perempuan dan kesetaraan gender dalam pendidikan tinggi. Data menunjukkan penurunan jumlah siswa perempuan di semua tingkatan pendidikan. Ini menciptakan hambatan serius bagi pencapaian tujuan SDGs, terutama Goal 4. Kesimpulan dari riset ini adalah bahwa larangan Taliban terhadap pendidikan perempuan bertentangan dengan prinsip-prinsip SDGs, termasuk pendidikan merata, kesetaraan gender, dan kualitas pendidikan. Untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, perlu langkah-langkah untuk memastikan akses pendidikan perempuan yang adil dan setara di Afghanistan, sesuai dengan prinsip- prinsip hak asasi manusia dan nilai-nilai Islam yang inklusif. Kata Kunci: Afghanistan, Hak Asasi Manusia, Pendidikan Perempuan, Taliban, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 05 Apr 2024 03:36
Last Modified: 05 Apr 2024 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68724

Actions (login required)

View Item View Item