PENGARUH PENGGUNAAN FITUR PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KARYAWAN PT MARTHA’S INDO UTAMA DI KECAMATAN KATAPANG

Sabilla, Novita Puri (2024) PENGARUH PENGGUNAAN FITUR PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KARYAWAN PT MARTHA’S INDO UTAMA DI KECAMATAN KATAPANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (188kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf

Download (185kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (250kB)
[img] Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (432kB)

Abstract

PT Martha’s Indo Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang tekstil. PT Martha’s Indo Utama ini perusahaan yang menawarkan jasa dalam bidang tekstil seperti desain kain tenun, desain jok mobil, desain rumah tangga dan lainnya. Perusahan ini juga melakukan ekspor ke luar negeri dan sebagai perusahaan pemasok. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa ditemukan adanya permasalahan terkait karyawan PT Martha’s Indo Utama berupa perilaku konsumtif pada indicator pembelian impulsive, pembelian tidak rasional (non rational buying) dan pemborosan (wasteful buying) yang disebabkan oleh penggunaan fitur PayLater dengan indicator persepsi kemudahan (perceived ease of use), persepsi manfaat (perceived of usefulness), intensitas perilaku pengunaan (intention to use), dan sikap penggunaan sesungguhnya (actual use). Hal ini dapat berdampak pada stabilitas keuangan pribadi karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan fitur PayLater terhadap perilaku konsumtif karyawan PT Martha’s Indo Utama. Metode yang digunakan yakni kuantitatif serta jenis data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan teori Judgement Sampling dimana sampel yang diambil berdasarkan kriteria pengguna PayLater yang memiliki tanggung jawab atas penggunaan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teori Suharsimi Arikunto (2013) dengan mengambil sampel 20% dari populasi, sehingga didapat sampel sebesar 35 responden dari populasi 175 karyawan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang dilakukan menggunakan uji validitas,uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, uji korelasi rank spearman, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi menggunakan SPSS versi 23. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa koefisien determinasi sebesar 65,4% menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan fitur PayLater dengan perilaku konsumif karyawan dan nilai kontribusi dari faktor lain sebesar 34,6% yakni pola belanja online dan pembayaran selain PayLater (transfer bank, e-wallet, dan lainnya). Adapula hambatan yang dihadapi oleh karyawan pada penggunaan fitur PayLater yakni kurangnya kesadaran finansial, kecenderungan berperilaku konsumtif, biaya dan bunga, ketergantungan pada kredit. Sehingga Upaya yang dapat dilakukan yakni mengadakan pendidikan finansial, pengawasan dan monitoring, memilih alternatif pembayaran / dana darurat, konseling keuangan. Saran yang diberikan peneliti kepada karyawan PT Martha’s Indo Utama yakni karyawan harus meningkatkan kesadaran finansial, kontrol diri dan pengelolan keuangan pribadi yang baik, serta karyawan harus memahami konsekuensi jangka panjang dari penggunaan fitur PayLater. Kata Kunci : PayLater, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:33
Last Modified: 05 Apr 2024 06:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68707

Actions (login required)

View Item View Item