PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT DALAM MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CANVA PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAS ANGKASA KOTA BANDUNG

LUTFIANI M, ANNA,195030068 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT DALAM MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CANVA PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAS ANGKASA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh infromasi berupa keterampilan menulis puisi siswa menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) menggunakan media Canva. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Angkasa Husein Sastranegara Bandung, yang dijadikan sampel adalah siswa kelas X F sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X E sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen kuasi (quasi experimental) dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Parameter yang diukur adalah keterampilan menulis puisi siswa, respon siswa terhadap pembelajaran bahasa indonesia menggunakan model pembelajaran TGT dan lembar observasi sikap peserta didik. Keterampilan peserta didik dalam menulis puisi meningkat dengan menggunakan model pembelajaran TGT dan media pembelajaran menggunakan Canva pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai pretest 59,84 yang mengalami peningkatan dengan hasil posttest bernilai rata-rata 83.90. dari hasil peneliatan yang telah dilakukan terdapat perbedaan hasil keterampilan menulis puisi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk kelas eksperimen mendapat nilai pascates rata-rata 83.90 dan untuk kelas kontrol mendapat nilai posttest dengan rata-rata 77,18. Dari hasil penilaian keterampilan menulis puisi dapat dilihat bahwa model pembelajaran TGT efektif untuk digunakan saat pembelajaran menulis puisi, hal ini bisa dibuktikan dengan hasil output hasil uji Independent Sample t-test dengan perolehan hasil Asymp Sig (2 tiled) 0,211 artinya varians antar kelompoknya setara, maka asumsi terpenuhi. Dengan demikian hipotesis diterima, sehingga dapat diartikan bahwa ada perbedaan signifikansi antara keterampilan menulis puisi di kelas eksperimen menggunakan model TGT dan di kelas kontrol menggunakan metode konvensional berupa diskusi. Kata Kunci: Keterampilan, puisi, Teams Games Tournament, model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Apr 2024 07:57
Last Modified: 03 Apr 2024 07:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68679

Actions (login required)

View Item View Item