PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI LINGGAR 02 KABUPATEN BANDUNG

UTAMI RAHAYU, 195060086 (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI LINGGAR 02 KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III di SD Negeri Linggar 02 Kabupaten Bandung. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran hanya didominasi oleh guru tanpa melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran dan tidak menggunakan media pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga membuat peserta didik kurang bersemangat dan kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan mengenai penggunaan media pembelajaran ular tangga dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III setelah digunakannya media pembelajaran ular tangga. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental designs (nondesigns) dengan bentuk One group pretest-posttest design. Instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, dokumentasi, dan tes berupa pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data hasil belajar. Teknik analisis yang dilakukan untuk mengolah data penelitian adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji gain ternormalisasi yang dibantu dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III di SD Negeri Linggar 02. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata pretest sebesar 45.60 meningkat menjadi 82.86 pada posttest, kemudian dilanjutkan dengan uji paired sample test pada taraf signifikan 5% dengan nilai 0,000 < 0,05. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III di SD Negeri Linggar 02. Kata Kunci: Media Pembelajaran Ular Tangga, Hasil Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Apr 2024 06:23
Last Modified: 03 Apr 2024 06:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68672

Actions (login required)

View Item View Item