PENERAPAN MEDIA REPLIKA PETA BUDAYA (PATAYA) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 7 SIJUK KECAMATAN SIJUK KABUPATEN BELITUNG

Afriliantari Tasya, 175060006 (2024) PENERAPAN MEDIA REPLIKA PETA BUDAYA (PATAYA) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 7 SIJUK KECAMATAN SIJUK KABUPATEN BELITUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Manusia membutuhkan pendidikan dalam hidupnya. Pada hakikatnya, pendidikan merupakan faktor utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan menjadikan suatu nilai kehidupan yang di genggam kuat manusia sebagai landasan kelangsungan kehidupan di masa depan. Peneliti melakukan penelitian terkait pendidikan dalam hal media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pembelajaran media PATAYA (replika peta budaya) dalam pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 7 Sijuk Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung dan bagaimana hasil belajar media PATAYA (replika peta budaya) dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 7 Sijuk Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya dan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas kontrol menggunakan media pembelajaran PATAYA. Konsep pembelajaran melalui media PATAYA pada siklus I sudah mulai terlihat tingkat pemahaman siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang sudah meningkat sebesar 60 % dari pembelajaran sebelumnya yang tidak menggunakan media pembelajaran PATAYA. Pada siklus II konsep pembelajaran PATAYA juga mengalami peningkatan sebesar 3 % dari siklus I, hal ini juga dapat dilihat dari minat setiap siswa yang menunjukkan peningkatan dari segi minatnya. Dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran PATAYA (replika peta budaya) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV di SDN 7 Sijuk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Kata kunci : Media Pataya, minat belajar siswa, & siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Apr 2024 06:17
Last Modified: 03 Apr 2024 06:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68671

Actions (login required)

View Item View Item