KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA KELOMPOK SUBKULTUR MUSIK (Studi Kasus Interaksionisme Simbolik Band Hardcore Straight Edge Indonesia)

Purnama, Dhani Reza (2024) KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA KELOMPOK SUBKULTUR MUSIK (Studi Kasus Interaksionisme Simbolik Band Hardcore Straight Edge Indonesia). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dhani Reza Purnama.pdfff (Cover).pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Dhani Reza Purnama.pdfff (Kata Pengantar).pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Dhani Reza Purnama.pdfff (Daftar Isi).pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Dhani Reza Purnama.pdfff (Daftar Pustaka).pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Dhani Reza Purnama.pdfff (Daftar Lampiran).pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Dhani Reza Purnama.pdfff (Lembar Pengesahan).pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Dhani Reza Purnama.pdfff (Abstrak).pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Dhani Reza Purnama.pdfff (BAB I).pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Dhani Reza Purnama.pdfff (BAB II).pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA KELOMPOK SUBKULTUR MUSIK (Studi Interaksionisme Simbolik Penganut Paham Straight Edge Kota Bandung)” Tujuan dan kegunaan dari penelitian ini adalah mengkaji mengenai bentuk komunikasi antar budaya dari suatu kelompok ke kelompok lain. Komunikasi oleh suatu kelompok tertentu memiliki keunikan tersendiri berdasarkan cara mereka melakukan tindakan saat berinteraksi dengan kelompok lain. Interaksi yang dilakukan bahkan dapat berbentuk komunikasi nonverbal melalui tindakan menampilkan simbol tertentu untuk melakukan interaksi. Berkomunikasi dengan menampilkan simbol tersebut tentu memiliki makna, maksud dan tujuan tersendiri bagi sebuah kelompok subkultural terutama untuk menandakan identitas diri dari kelompoknya. Salah satu kelompok subkultural ini adalah kelompok subkultur Straight Edge.. Kelompok ini tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia sebagai bagian dari dinamika musik dan skena musik Hardcore. Banyak dari anak-anak Straight Edge dalam kelompok ini membuat band Hardcore sebagai salah satu cara mengkomunikasikan segala prinsip dan nilai-nilai subkultur melalui karya musik dan interaksi yang dilakukan di dalam skena. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan metode studi kasus pada band-band Straight Edge di Indonesia sebagai bagian dari kelompok subkultur Straight Edge. Hasil penelitian menunjukkan bahwa band-band straight edge dalam berinteraksi di dalam skena melakukan tindakan menyilangkan diri (x-ing up) sebagai penanda bahwa mereka merupakan bagian dari subkultur Straight Edge untuk mengkomunikasikan segala batasan perilaku beserta keyakinan pada prinsip dan nilai-nilai subkultur saat berinteraksi di dalam skena. Kata kunci: Komunikasi Antar Budaya, Kelompok Subkultur, Straight Edge, Interaksionisme Simbolik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:16
Last Modified: 02 Apr 2024 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68650

Actions (login required)

View Item View Item