PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2022)

Dinan Mochamad Fauzan, 194020203 and Prof Dr.Atang Hermawan, SE.,MSIE, Ak, Pembimbing I and Anne Tonthawi, SE.,M.AK, Pembimbing II (2024) PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2022). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover_194020203.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_194020203.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_194020203.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2_194020203.pdf.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3_194020203.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_194020203.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan perusahaan adalah memaksimalkan kekayaan pemegang saham melalui nilai perusahaan. Nilai perusahaan tercerminkan oleh rendah tingginya harga saham. Investor akan menganalisis suatu saham berdasarkan fundamental suatu perusahaan yang digambarkan oleh laporan keuangan perusahaan. Investor akan tertarik pada saham perusahaan perusahaan yang berkinerja baik sehingga akan meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris mengenai pengaruh profitabilitas, pertumbuhan, dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini, yaitu profitabilitas, pertumbuhan, dan leverage sebagai variabel independen, ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi, dan nilai perusahaan sebagai variabel dependen. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini dilakukan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan, laporan tahunan, harga saham yang diperoleh dari website resmi masing-masing perusahaan dan website www.idx.co.id. Populasi dari penelitian ini adalah 89 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2022. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan sampel 43 perusahaan selama 6 tahun. Analisis menggunakan uji asumsi klasik, moderate regression analysis dan koefisien determinasi. Sedangkan pengujian hipotesis yang digunakan adalah statistik uji t dan uji f menggunakan Eviews 12. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 21,4%. Pertumbuhan berpengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 8,1%. Leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 8,6%. Ukuran perusahaan memoderasi profitabilitas terhadap nilai perusahaan sebesar 36,8%. Ukuran perusahaan memoderasi pertumbuhuan terhadap nilai perusahaan sebesar 1,6%. Ukuran perusahaan memoderasi leverage terhadap nilai perusahaan sebesar -2,02%. Profitabilitas, pertumbuhan, leverage, ukuran perusahaan, interaksi profitabilitas dengan ukuran perusahaan, interaksi pertumbuhan dengan ukuran perusahaan, interaksi leverage dengan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 74,7%. Kata Kunci: Profitabiltas, Pertumbuhan, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:07
Last Modified: 27 Mar 2024 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68530

Actions (login required)

View Item View Item